kondoku

Blog Detail

See Our Latest Articles & News
Tips menghilangkan bau Saluran Pembuangan Kitchen Sink

Tips menghilangkan bau Saluran Pembuangan Kitchen Sink

Penyebab bau pada wastafel dapur sering kali terjadi karena tumpukan makanan sisa pada saluran pembuangan. Kotoran-kotoran yang tidak terbuang ini bisa menyumbat sabun atau cairan sisa memasak sehingga tidak terbuang dan menumpuk, akhirnya menimbulkan bau.

 

Solusi yang direkomendasikan untuk menghilangkan bau pada saluran pembuangan kitchen sink yaitu dengan menggunakan P-Trap.

Apa itu P-Trap?

P-Trap merupakan fitting dengan fungsi sebagai penahan bau yang akan memberi kenyamanan bagi anda karena udara dari pipa air buangan tidak dapat menguap melalui lubang pembuangan air pada wastafel, kitchen sink, maupun floor drain. (source:rukita)

p-trap solusi menghilangkan bau saluran pembuangan kitchen sink

P-Trap diaplikasikan pada bagian bawah lubang pembuangan air pada wastafel, kitchen sink, maupun floor drain yang terkoneksi dengan pipa PVC kelas D/VU. Penyambungan P-Trap cukup di lem dengan menggunakan lem pipa PVC dengan prosedur pemasangan sama seperti fitting PVC lainya.

Tips menghilangkan bau pada saluran pembuangan kitchen sink

1. Bersihkan secara rutin

Cara paling jitu untuk menjauhkan saluran pembuangan air dari timbunan kotoran yang mampet adalah dengan membersihkannya secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Manfaatkan bahan-bahan dapur seperti baking soda dan cuka untuk mengikis lemak, remah-remah makanan dan bau di dalam pipa air yang kotor.

Apabila bau saluran air masih tidak hilang walau sudah dibersihkan, kamu bisa menggunakan campuran baking soda, essential oil, dan air panas sebagai penghilang bau saluran air. Larutkan satu sendok baking soda dengan beberapa tetes minyak esens, lalu taburkan ke area bak cuci piring. Kemudian, bilas dengan dua gelas air panas.

2. Buang sisa makanan ke tempat sampah

Ingat, wastafel bukanlah tempat sampah! Jangan asal melempar atau membuang sesuatu ke dalam lubang wastafel. Memperlakukan wastafel sesuai fungsinya juga akan menghindarkan potensi saluran tersumbat. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penyaring yang dipasang di lubang wastafel guna meminimalisir sisa-sisa makanan yang berukuran kecil.

3. Jaga kelancaran pembuangan air

Terkadang, rasa malas membersihkan saluran air di wastafel yang mampet bisa menyebabkan masalah yang lebih besar, mulai dari air yang menggenangi wastafel hingga jadi banjir ke lantai atau pipa yang rusak. Upayakan untuk menjaga kelancaran pembuangan air dan jangan diamkan sampai benar-benar mampet.

4. Desinfektan saluran air secara berkala

Membuang sisa makanan padat ke tempat sampah sudah, memasang saringan di wastafel juga sudah. Tapi terkadang masih ada sisa makanan yang nyangkut. Solusinya, bersihkan saluran air dengan cara mendesinfektannya secara rutin sebagai proses pencegahan, paling tidak seminggu sekali.

Caranya, campurkan desinfektan dengan baking soda lalu taburkan ke area permukaan bak cuci piring. Bilas dengan air dan keringkan dengan kain lap atau handuk hangat. Jika ingin lebih bersih lagi, jaga area bak cuci piring agar tetap kering.

5. Taburkan baking soda secara rutin

Menaburkan baking soda di atas wastafel secara berkala dapat membuat dapur tetap segar. Bukan hanya bau tak sedap di wastafel, soda kue juga dapat menetralisir bau-bau lainnya di dapur seperti bau apek dari peralatan dapur bekas memasak. Cukup lakukan seminggu sekali sebagai tindakan preventif.

Itulah cara menghilangkan bau saluran air dari wastafel dapur. Langkah-langkah di atas merupakan cara alami yang tidak membuat pipa saluran air atau material dapur lainnya rusak karena bahan kimia. 

 

Sumber: rukita, germanybrilliant

1 Comments

  • Agustin

    4 bulan yang lalu

    Terima kasih, tipsnya sangat bermanfaat. Jangan lupa kunjungi juga website kami di https://walisongo.ac.id

Post Comment

Jadikan investasi properti Anda menjadi investasi yang sesungguhnya bersama Kondoku

Aman dan terpercaya. Cepat terjual. Cepat tersewa.
Daftar Properti