kondoku

Blog Detail

See Our Latest Articles & News
Perbedaan Semi Gross Area dan Nett Floor Area pada Apartemen

Perbedaan Semi Gross Area dan Nett Floor Area pada Apartemen

Produk properti baik rumah maupun apartemen dipasarkan dengan luasan tertentu. Jika Anda memiliki apartemen/berniat membeli apartemen, Anda harus memahami perbedaan istilah SGA dan NFA. Saat hendak berinvestasi properti, manakah yang lebih penting? Bagaimana cara menghitung nilai SGA dan NFA Anda? Lead Arsitek The Stature, Archica Danisworo, menjelaskan perbedaan dan menyoroti pertimbangan yang harus dilihat investor dalam membeli sebuah apartemen.

 

1. SGA (Semi Gross Area)

SGA (Semi Gross Area) pada apartemen adalah area unit nett ditambah dengan luas area bersama, yang dibagi secara proporsional terhadap seluruh unit yang ada di lantai dimaksud. 

2. NFA (Nett Floor Area)

NFA (Nett Floor Area) pada apartemen adalah area luas yang bisa digunakan untuk aktifitas (setelah dipotong luasan untuk tembok, koridor, balkon atau space lain yang tidak bisa digunakan untuk aktifitas). 

Saat mencari properti untuk diinvestasikan, konsumen harus fokus terhadap nilai NFA karena itulah luas sesungguhnya dari sebuah unit apartemen yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen. Pemahaman terhadap efisiensi apartemen ini penting supaya Anda dapat memaksimalkan nilai investasi.

Jual Apartemen Studio di Surabaya by Kondoku

Secara umum, angka efisiensi apartemen berkisar antara 15%-20%, sehingga nett area yang dapat dinikmati oleh pemilik apartemen hanya sekitar 80%-85% dari area semi-gross. Jadi, jangan heran apabila Anda sering merasa ukuran unit apartemen Anda tidak sesuai dengan luas area yang tercantum dalam brosur. Hal ini juga menjadi tantangan bagi para arsitek dan pengembang properti untuk  menciptakan produk properti berkualitas dengan efisiensi yang lebih baik.

 

Rasio efisiensi apartemen pada umumnya berkisar 18-25%. Rasio di bawah angka 18% termasuk efisien, sehingga apabila angka efisiensi berada di bawah 15%, berarti sangat efisien.

Rasio efisiensi ini pada akhirnya menentukan nilai dan harga sesungguhnya dari properti tersebut. Harga jual properti di Indonesia, khususnya apartemen, pada umumnya merujuk ke SGA (Semi Gross Area) bukan ke NFA (Nett Floor Area).
 

SGA (Semi Gross Area) juga digunakan sebagai perhitungan Service Charge atau IPL. Biasanya untuk apartemen, Service Charge terdiri dari 2 (dua) komponen yaitu;

  1. Kebersihan koridor, keamanan, asuransi bangunan, biaya karyawan dan biaya administratif lainnya.
  2. Sinking fund atau utility charge adalah dana cadangan untuk penggantian/perbaikan berbagai komponen utilitas yang telah aus atau rusak. Besarnya service charge maupun utility charge ditetapkan dalam AD/ART Perhimpunan Penghuni.

Pemahaman terhadap efisiensi apartemen ini penting supaya Anda dapat memaksimalkan nilai investasi properti. Itulah perbedaan Semi Gross Area dan Nett Floor Area pada Apartemen.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang berminat mencari hunian apartemen, ya!

Jika anda sedang mencari hunian apartemen, Kondoku menyediakan berbagai pilihan apartemen untuk disewakan harian, bulanan dan tahunan.

Jangan lewatkan berbagai pilihan unit apartemen mulai dari Studio, 1 Bedroom, 2 Bedrooms, 3 Bedrooms dan Penthouse hanya di website Kondoku. Informasi sewa menyewa apartemen bisa langsung hubungi kami di WA +62 812-3111-1179.

 

Follow Social Media Kondoku

Instagram @kondoku.id

Facebook @kondoku.id

Twitter @kondokuid

0 Comments

Post Comment

Jadikan investasi properti Anda menjadi investasi yang sesungguhnya bersama Kondoku

Aman dan terpercaya. Cepat terjual. Cepat tersewa.
Daftar Properti