kondoku

Blog Detail

See Our Latest Articles & News
Hal yang perlu di pahami penyewa: Apa itu Security Deposit?

Hal yang perlu di pahami penyewa: Apa itu Security Deposit?

Tahukah anda, setiap penyewaan properti pasti memiliki security deposit. Saat anda memutuskan untuk menyewa properti yang cocok dengan budget dan kebutuhan anda, sebelum menempati properti tersebut, anda diharuskan untuk membayar deposit. 

 

Apa itu Security Deposit?

Security deposit adalah pembayaran yang dikhususkan kepada penyewa sebagai uang jaminan kepada pemilik properti atau pengelola properti yang telah diberikan kepercayaan oleh pemilik. Pembayaran ini diperlukan sebagai jaminan apabila sewaktu-waktu penyewa menyebabkan kerusakan selama masa tinggal.

 

Apakah Security Deposit akan dikembalikan?

Security deposit akan dikembalikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari masing-masing pemilik maupun pengelola properti.

Security Deposit dapat digunakan untuk berbagai penyelesaian masalah yang terjadi selama masa sewa, seperti:

 

Kerusakan/perbaikan properti: sering terjadi kerusakan dalam properti selama masa sewa yang membuat pemilik properti menggunakan uang jaminan penyewa. Contohnya, perbaikan lemari dari kesalahan penyewa, kerusakan kitchen set dan lainnya.

Terlambat membayar uang sewa: Anda bisa saja meminta pemilik untuk memotong uang deposit. Hal ini tergantung dengan perjanjian yang diadakan oleh penyewa dan pemilik.

Permintaan tambahan lainnya: hal-hal tambahan di luar harga sewa seperti permintaan kebersihan, menghilangkan kunci properti dan hal lain-lain. 

Berapa Security Deposit yang harus disiapkan?

Tidak ada tarif yang ditetapkan untuk uang jaminan. Namun, kebanyakan pemilik maupun perusahaan pengelola properti memiliki standar mereka masing-masing untuk uang jaminan.

Kondoku sendiri memiliki standar yang telah ditentukan sesuai dengan masa sewa (harian, bulanan dan tahunan) dan tipe properti yang di sewa.

 

Pemotongan Security Deposit

Pemotongan uang jaminan dapat dilakukan apabilan penyewa melanggar atau mengikuti pejanjian sewa-menyewa yang telah disepakati. Pemotongan juga dapat dilakukan oleh pemilik properti apabila penyewa tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang dibuat terhadap properti pemilik. 

Meskipun pemilik properti berhak memotong uang jaminan, pemilik properti pun harus memberikan pemberitahuan terlebih dahulu dengan alasan yang tepat.

 

Pengembalian Security Deposit

Pemilik properti diharuskan mengembalikan uang jaminan kepada penyewa setelah penyewa pindah atau masa sewa telah selesai. Proses pengembalian uang jaminan dapat berlangsung cepat apabila tidak ada kendala selama masa sewa. 

Biasanya pemilik properti atau perusahaan pengelola properti atau agen properti akan melakukan inspeksi atau cek list properti yang disesuaikan dengan keadaan properti sebelum masa sewa. 

Kondoku menerapkan sistem pengembalian deposit yaitu:

1-3 hari kerja untuk penyewaan harian dan 7 hari kerja untuk penyewaan durasi bulanan dan tahunan.

Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan uang jaminan Anda kembali di akhir masa sewa Anda, lakukan yang terbaik untuk tidak menyebabkan kerusakan pada properti. 

 

Sedang mencari apartemen? Kunjungi https://kondoku.co.id 

Ingin menambah penghasilan? Gabung jadi agen KONDOKU di https://marketing.kondoku.co.i

0 Comments

Post Comment

Jadikan investasi properti Anda menjadi investasi yang sesungguhnya bersama Kondoku

Aman dan terpercaya. Cepat terjual. Cepat tersewa.
Daftar Properti